Rabu, 27 Agustus 2014

Tips Menciptakan Kantor Hemat Energi


Tips Menciptakan Kantor Hemat Energi

Kantor hemat energi saat ini lebih banyak diusung oleh para desainer. Selain menggunakan perlengkapan kantor yang efisien, prilaku SDM juga memainkan peranan penting agar energi yang dihasilkan sesuai dengan kebutuhan.

Berikut beberapa tips menciptakan kantor hemat energi :

Simple Furniture

Maksud dari simple furniture adalah dengan menggunakan peralatan kantor yang simple dan tidak memakan banyak tempat. Semakin luas area bekerja dan tepat dalam memilih, ruang gerak akan semakin lega. Kurangi ruangan yang harus disekat, cukup dengan menyediakan ruangan meeting, ruang direksi dan sebagainya. Khusus staff, berikan mereka tempat yang memiliki pandangan luas agar transparasi saat melihat sekitar tidak terhalang. Usahakan menciptakan ruang kerja yang memiliki cahaya dari luar dengan cukup, karena dengan memanfaatkan cahaya matahari kita tidak harus menggunakan sinar lampu di siang hari.Hal ini juga menghemat energi lho.

Penyuluhan dalam menggunakan peralatan elektronik kantor
  • Usahakan mengaktifkan mode save power untuk barang elektronik seperti, computer, printer, mesin foto kopi saat tidak digunakan. 
  • Memberikan tugas kepada pihak IT untuk memeriksa setiap peralatan sebelum pulang. Dan mematikannya apa bila ada salah satu perlengkapan kantor yang masih menyala.
  • Gunakan kertas daur ulang jika digunakan oleh karyawan hanya sebagai note atau kertas coret-coretan
Load disqus comments

0 komentar