Rabu, 27 Maret 2013

Premi Meningkat Industri Asuransi Makin Menggeliat

Premi Meningkat Industri Asuransi Makin Menggeliat
Tingginya tingkat populasi penduduk Indonesia serta meningkatnya kesadaran kelas menengah akan pentingnya asuransi disinyalir mampu mendongkrak pertumbuhan industri asuransi di tahun 2013 ini. Prediksinya, premi asuransi jiwa akan tumbuh sekitar 25% hingga 30%, sementara asuransi umum akan meningkat antara 22% hingga 23%.

Lembaga pemeringkat internasional, Fitch Ratings menyebutkan bahwa tingkat penetrasi asuransi di Indonesia baru mencapai 1,7% dari sekitar 230 juta penduduk. Angka ini memang masih kalah jauh dibandingkan dengan Amerika Serikat yang sudah mencapai 8,1% dari jumlah penduduknya. Di Indonesia bahkan lebih rendah dibandingkan Malaysia dan Singapura yang kini sudah mencapai 4% dari jumlah penduduk mereka.

Oleh karena itulah banyak pihak yang menilai bahwa industri asuransi kesehatan atau secara keseluruhannya asuransi jiwa di Indonesia berpeluang mengalami peningkatan premi asuransi yang cukup pesat. Penyebabnya, untuk industry, konsolidasi asuransi melalui merger dan akuisisi justru akan mendorong pertumbuhan industry, sementara peningkatan premi terjadi sejalan dengan tumbuhnya kesadaran berasuransi masyarakat di Indonesia dan semakin banyaknya kepemilikan asuransi mengerti akan pentingnya hal tersebut.
Load disqus comments

0 komentar