Selasa, 03 Desember 2013

Strategi Marketing, Besar Karena Konsinyasi Online

Artikel ini adalah lanjutan dari pembahasan mengenai Online Strategi Marketing Untuk UKM. Dan mungkin ada beberapa pertanyaan yang masih mengganjal dari anda mengenai langkah selanjutnya, harus bagaimana untuk kembali menjalankan strategi marketing online ini! Sebenarnya online marketing itu tidak bisa lepas dari strategi marketing offline, bisa dibilang mayoritas hanya copypaste saja.  Kenapa begitu?

Strategi Marketing, Besar Karena Konsinyasi Online

Karena, strategi marketing face to face atau dari mulut ke mulut sampai sekarang masih menjadi tehnik pemasaran paling jitu. Jika brand awarenes anda mulai dikenal oleh konsumen, mereka akan menjelma sebagai marketing hunter anda. Sebagai contoh adalah Kaskus dan Tokobagus, info ini saya dapat saat berada di warung kopi dan sedang terjadi obrolan yang dilakukan 2 remaja :
“Budi” : “ Gw bosen nich, pengen banget ganti hp yang rada murah Cuma spek lumayan”, lo tau gak  ya beli dimana yang seken aj”. Trus skalian klo ad yg mau gw pengen jual juga punya gw.” 
“Firman” : “ owh, emang mo lo jual berapa? Klo gk lo coba cari di Kaskus or Tokobagus aj! Disitu lokasi jual beli paling asik men, banyak hp baru or seken”. 
“Budi” : “ 1,2 jt. Nah, trus gimana tuh caranya gw mo beli en jual hp gw?” 
“Firman” : “ Gampang banget men, lo tinggal cari2 aj klo pengen beli. Pastiin barangnya ok trus tinggal telepon dah. Tapi harus hati2 yak, klo bisa transaksinya COD. Dan klo lo pengen jual barang di kaskus namanya FJB atau di tokobagus. Lo tinggal bikin akun member trus posting barang lo yang pengen lo jual”. 
“Budi” : “COD apaan tuh?” 
“Firman” : “ Cash on delivery, beli langsung ditempat dengan sipenjual. Sebelumnya lo pastiin sipenjual  1 lokasi sama elo, trus pastiin barang ada, janjian dagh dimana. Cara kek gini tuh paling oke. Karena no tipu2. 
“Budi” : “ wah asik juga tuh, pengen ah coba beli en jual disana. Thx ye men” 
“Firman” : “Yoyoy, gw dagh ngerasain men. Asik banget dah jualan or lo mo beli barang disana! Mangkanya gw referensiin ke elo.”
Dari contoh obrolan yang terjadi tersebut, kita bisa melihat bahwa Firman telah menjadi marketing untuk kaskus dan tokobagus secara tidak langsung karena telah merasakan efek keuntungan yang diberikan oleh kedua layanan website tersebut. Hal ini juga akan berlanjut kepada si Budi, yang nantinya akan membentuk sebuah viral tanpa batas.

Strategi marketing akan ampuh oleh komunitas? Bagi kaskus itu fakta, karena kaskus adalah forum terbesar di Indonesia dan akan terus berkembang karena semakin banyaknya member atau komunitas kaskus saat ini. Lalu, bagaimana pemilik usaha toko online dan yang lainnya dapat membangun komunitas sendiri?

Ada strategi penjualan yang disebut konsinyasi. Jika, sobat blogger ada yang belum tahu apa itu penjualan konsinyasi berikut pengertiannya : 
“Konsinyasi adalah perjanjian usaha yang terjadi antara 2 pihak atau lebih, dimana si pemilik barang memberikan barang kepada pihak tertentu dengan sistem perjanjian penghasilan dengan komisi jika si pihak tersbut dapat menjual barang si pemilik”. 
Strategi Marketing Konsinyasi

Untuk lebih jelasnya anda bisa berkunjung di link sumber berikut :

Konsinyasi online dapat dijadikan sebagai langkah membangun komunitas anda. Karena anda dapat memulainya dengan mengeluarkan perjanjian konsinyasi dengan memanfaatkan para blogger-blogger aktif yang tertarik dengan skema penjualan konsinyasi produk anda. Mereka dengan sukarela menjadi marketing di ranah digital dengan memanfaatkan banyaknya media iklan online sebagai tempat untuk memasarkan produk-produk anda. Pada FJB Kaskus juga saya yakini banyak terdapat penjual yang sebenarnya adalah seorang konsinyi (pihak yang menerima titipan barang).

Keuntungan yang didapat adalah :
  • Semakin bertambahnya pengunjung pada blog/website toko online anda, yang berdampak langsung kepada organic search result
  • Produk anda semakin familiar
  • Penjualan akan mengalami peningkatan
  • Terjalinnya kerjasama yang secara tidak langsung membentuk komunitas online sales bagi anda
Amazon dan Ebay adalah e-commerce besar yang sudah lama sekali telah menerapkan strategi ini. Salah satu e-commerce di Indonesia yaitu Lazada juga telah menerapkan strategi marketing konsinyasi dengan memanfaatkan para blogger-blogger lho. Konsinyasi offline dirasakan efektif dan saatnya dikembangkan pada jalur online. Untuk itu, jika anda masih merasa ragu atau sekedar menimbang-nimbang saja. Mau sampai kapan! Rencanakan lalu eksekusi, itulah 2 langkah awal yang akan membuat bisnis anda dapat maju.
Load disqus comments

1 komentar: