Rabu, 27 November 2013

Online Marketing Strategi Untuk UKM

Pada dasarnya  strategi marketing online maupun offline tidaklah jauh beda. Yang membedakannya hanya pada media yang digunakannya saja. Jika, offline strategi cenderung lebih memanfaatkan media surat kabar, tabloid, brosur, spanduk, reklame dan mengikuti event atau pameran di suatu tempat. Dan online marketing strategi bisa dibilang lebih luas benefitnya. Kenapa bisa lebih banyak keuntungannya? 

Online Marketing Strategi Untuk UKM

Karena tidak terbatas oleh waktu dan tempat, apa lagi tidak semua strateginya memerlukan dana promosi. Kita bisa memanfaatkan layanan social media, forum atau milis dan pastinya SEO pada search engine. Lebih murah dan sangat impresif dalam mengkreasikan ide-ide strategi yang dibutuhkan bisnis kita. Formula kedua strategi ini jika dijalankan bersama pastinya akan menghasilkan keuntungan yang lumayan besar terhadap bisnis anda.

Dan untuk anda yang memiliki bisnis terbilang berskala UKM (usaha kecil dan menengah) bisa mencoba beberapa ide online marketing strategi dari kami yang sebenarnya semua strategi ini tidak memerlukan dana promosi dalam menjalankannya.

Strategi Awal

Jika anda belum memiliki website sebagai lapak produk usaha anda. Bisa memulai dengan mendaftarkan diri pada situs periklanan online gratis seperti :
  • Indonetwork
  • Tokobagus
  • Bukalapak
  • Tokopedia
Jualan dengan menggunakan Kaskus
lalu dishare ke Facebook
Bermain diforum jual beli seperti Kaskus yang terkenal besar sekali kategori FJBnya. Dan melalui social media seperti Facebook dan Twitter. Bahkan anda juga bisa promosi melalui fasilitas grup apps chat seperti BBM, whatsapp dan masih banyak lagi. Memanfaatkan layanan blog milik Google juga sangat efektif, karena anda tidak harus mengeluarkan biaya. Sampai saat ini fasilitas blogspot masih gratis digunakan untuk semua orang diseluruh dunia. Lalu jika anda belum mengerti cara menjalankannya, Anda bisa meminta bantuan teman dan keluarga yang mengerti dengan hal-hal yang disebutkan diatas. Karena dengan menggunakan fasilitas blog diyakini banyak benefit yang dihasilkan. Ini terbukti dari penjelasan pakar online business Sussan Hallam CEO dari Hallam Internet.
Blogging is Your Marketing Secret Weapon , blogging plays an essential part in drive to get high search engine rangkings.
Tips dari dia untuk anda  yang ingin melakukan promosi online adalah :
Development a new website? Then make sure you don’t forget to build a blog into your marketing plan. It’s a powerful way to help visitor discover your website, is great at helping to build trust and makes keeping touch with costumers much easier.

Strategi Kedua

Memanfaatkan jasa dari perusahaan digital agency. Memanfaatkan strategi berupa SEO, Social media optimization, SEM ect. Karena mereka mayoritas memiliki marketing plan yang sangat kreatif dalam menjalankan campaign projek bisnis yang anda butuhkan. Strategi ini memerlukan dana lumayan besar jika anda ingin menjalankan itu semua berbarengan. Ada baiknya memilih salah satu produk strategi mereka dahulu untuk merasakan efek keuntungannya.

SEO (Search Engine Optimization)
Dampak yang dihasilkan sangat besar untuk traffik  website. Dari segi organic search jauh lebih natural, karena terbantu oleh aktifitas yang dilakukan penyedia layanan SEO. Campaign yang biasa dilakukan untuk booster traffik  adalah kontes SEO.

SMO (Social Media Optimization)
Ini juga sama pentingnya dalam hal promosi online, karena saat ini mayoritas dari 98% manusia didunia memiliki akun di social media seperti facebbok dan twitter. Peluang inilah yang coba dimanfaatkan pemain internet marketing untuk menjaring minat mereka terhadap produk yang coba dibangun melalui share image, promo dan info mengenai produk-produk yang coba ditawarkan. Dan sudah terbukti sangat efektif lho! Matt Cuts saja sampai mengakui efektifitas kekuatan social network itu sangatlah mempengaruhi traffik dari website dan brand awareness. Dari yang tadinya tidak mengetahui sama sekali produk tersebut, sampai mengetahui secara detil karena campaign yang dilakukan para pemain social media ini.

social media dan seo

Lalu apa saja aktifitas campaign yang sering digunakan?

Campaign pada social media dilakukan tergantung dari kebutuhan perusahaan itu sendiri dalam merangkul konsumen di dunia maya. Dan biasanya mereka melakukan beberapa cara seperti,
  • Share informasi mengenai produk yang sedang dipromosikan
  • Sebagai media interaktif si penjual dan pembeli
  • Sebagai media layanan costumer service untuk menanggapi keluhan dari konsumen
  • Melakukan promosi produk dengan memanfaatkan kuis-kuis berhadiah
Demikian beberapa strategi online marketing yang bisa kita gunakan untuk mencoba melebarkan sayap promosi perusahaan. Dan jika anda sudah menggunakan ide-ide strategi diatas, kami akan memeberikan kelanjutan strategi online marketing sesi kedua yang akan membahas bagaimana memanfaatkan strategi marketing konsinyasi sebagai bagian dari marketing hunter anda?
Load disqus comments

1 komentar: