Minggu, 23 Juni 2013

Pemerintah Upayakan Peningkatan Kesejahteraan Sosial

Pemerintah Upayakan Peningkatan Kesejahteraan Sosial
Konsep kesejahteraan sosial memiliki beberapa makna yang pada dasarnya relatif berbeda, meskipun substansinya tetap sama. Konsepsi pertama dari kesejahteraan sosial lebih tepat untuk dicermati dalam kaitannya dengan pencapaian kesejahteraan keluarga. Inti konsepsi pertama dari kesejahteraan sosial adalah: “kondisi kehidupan atau keadaan keluarga sejahtera, yakni saat terpenuhinya kebutuhan kebutuhan jasmani, rohani, dan juga sosial”. Dengan demikian, istilah kesejahteraan keluarga sering diartikan sebagai kondisi sejahtera yaitu suatu keadaan terpenuhinya segala kebutuhan-kebutuhan hidup, khususnya yang bersifat mendasar seperti pakaian murah, makanan yang harganya terjangkau, pendidikan gratis, memperbanyak harga perumahan murah, dan perawatan kesehatan gratis.

Kemiskinan merupakan konsep dan fenomena yang multidimensional. Kemiskinan pada umumnya didefinisikan dari faktor ekonomi, khususnya lagi pendapatan dalam bentuk uang yang ditambah dengan keuntungan-keuntungan non-material yang diterima oleh seseorang. Namun, secara luas kemiskinan juga kerap didefinisikan sebagai kondisi yang ditandai oleh serba kekurangan, mulai kekurangan pendidikan, keadaan kesehatan yang tidak baik, dan kekurangan dalam hal transportasi yang dibutuhkan oleh masyarakat. Definisi kemiskinan dengan menggunakan kebutuhan dasar seperti diterapkan pula oleh Departemen Sosial menyatakan bahwa kemiskinan adalah ketidakmampuan individu dalam memenuhi kebutuhan dasar minimal untuk hidup layak (BPS dan Depsos, 2003:3). Sedangkan yang dimaksud dengan kebutuhan pokok dalam definisi ini meliputi kebutuhan akan makanan, pakaian, perumahan, perawatan kesehatan, dan pendidikan.

Di sisi lain, fenomena Peningkatan Kesejahteraan Sosial sesungguhnya merupakan realitas sosio-budaya yang penuh makna dan simbol serta menyangkut pola perilaku masyarakat. Oleh karena itu, perlu pendekatan mikro obyektif untuk dapat memahami konsepsi kesejahteraan keluarga menurut masyarakat lokal (masyarakat perkotaan). Oleh karena itu, saat ini pemerintah sedang berusaha keras mengentaskan kemiskinan, melalui program pendidikan murah, jaminan kesehatan gratis untuk masyarakat miskin agar dapat merawat kesehatannya, serta harga perumahan murah yang akan membantu masyarakat untuk memiliki rumah sendiri yang layak huni
Load disqus comments

0 komentar