Rabu, 26 Juni 2013

Nggak Susah Kok Bikin Film Pendek

Nggak Susah Kok Bikin Film Pendek
Pengin deh, ikutan kompetisi film pendek yang sekarang ini banyak diselenggarakan. Tapi, sayangnya sudah pasti susah mengerjakannya.  Apalagi kalau kita sama sekali belum berpengalaman dan nggak punya modal besar. Ini nih yang jadi kendala banget, tapi ini juga pikiran yang mesti dibuang jauh-jauh deh.

Jangan pernah sampai kita menyerah sebelum mencoba alias berjuang. Asalkan ada niat, nggak susah kok bikin film pendek. Simak yuk langkah-langkahnya, berikut ini:

Pertama-tama, kita bentuk tim produksi. Untuk ukuran film pendek, idealnya 3-6 orang saja sudah cukup. Dalam hal ini, kemampuan membuat film bukanlah hal utama. Tapi yang penting adalah menemukan anggota yang benar-benar niat bikin film dan mau belajar.

Bagi-bagi tugas dengan baik dan benar. Dalam pembuatan film pendek, pekerjaan yang paling penting adalah sutradara, penulis naskah skenario, juru kamera dan juga editor. Oh iya untuk upaya penghematan tenaga, jabatan tersebut bisa dirangkap atau jadi satu. Bahkan kadang-kadang tim produksi juga merangkap sebagai talent alias pemain.

Baca dan browsing di Om Google itu wajib juga dilakukan . Carilah informasi tentang pembuatan film pendek, jobdesk semua tim produksi, sampai cara menggunakan kamera serta teknik mengambil gambar yang baik dan benar. Pengetahuan otomatis bertambah dan ilmunya bisa langsung dipraktekkan ketika membuat film.

Buka mata dan peka terhadap lingkungan sekitar untuk mencari ide. Ide seperti ini Film Pendek Stop Motion bisa datang dari mana-mana, bahkan dari hal yang paling sederhana sekalipun. Tantangan utamanya adalah memastikan bahwa ide tersebut kreatif dan menarik.

Perencanaan dan riset. Bikin dahulu timeline atau schedule, yang berisi jadwal penyelesaian naskah skenario, waktu shooting yang dibutuhkan, editing dan sebagainya. Hal ini supaya kerja kita efektif dan juga efisien. Selain itu, biasakan untuk melakukan riset sebelum melakukan shooting. Misalnya saja dengan datang ke lokasi dan mencari spot yang pas untuk proses pengambilan gambar yang akan sangat berguna di hari-H.

Kerahkan “Modal” dengan efektif. Berhubung filmnya berbudget minim, jadi kita harus kreatif dan dapat memutar otak untuk memanfaatkan sumber daya yang ada. Misalnya saja, meminta tolong teman-teman yang kira-kira kompeten untuk jadi talent. Selanjutnya, cari pinjaman perlengkapan shooting, seperti kamera, properti, wardrobe,  dan sebagainya.
Load disqus comments

0 komentar