Rabu, 15 Mei 2013

Indonetwork.co.id Direktori Bisnis Tertua Di Indonesia

Indonetwork.co.id Direktori Bisnis Tertua Di Indonesia
Sebenarnya pernyataan ini hanya dari analisa pribadi saya saja.  Karena dari tahun 2004 saya memulai bercengkerama dengan internet dan pada tahun 2008 sedikit lebih fokus kearah bisnis (karena tuntutan pekerjaan). Situs direktori bisnis yang pertama saya ketahui adalah indonetwork.co.id, dan saya melihat database yang mereka miliki dibilang sangat lengkap berdasarkan kategori yang cukup spesifik sesuai dengan jenis bisnis dari semua perusahaan yang ada di Indonesia.

Sampai sekarang indonetwork masih eksis dan juga aktif menawarkan program premium kepada pelaku bisnis yang ingin melakukan promosi di situs tersebut. Harga yang ditawarkan mereka terbilang cukup murah sekitar IDR1350000 /tahun. Tidak banyak direktori bisnis yang beredar di Indonesia, mungkin direktori bisnis yang memiliki konsep unik adalah Urbanesia. Tetapi dilihat dari konsepnya Urbanesia hanyalah Jakarta online lifestyle city directory atau bisa dibilang lebih fokus pada wilayah Jakarta saja.

Indonetwork


Dan menurut saya, banyak marketplace bisnis seperti 88db.com, tokobagus.com, berniaga.com, dinomarket.com, tokopedia.com pada awal muncul memiliki database begitu banyak darimana? Mungkin dahulu kita ketahui Yellowpages adalah sumber data nama perusahaan dan bisnis di Indonesia. Banyak situs marketplace dan direktori bisnis yang mengambil data dari yellowpages sebagai sumber databasenya. Tetapi sebenarnya, situs seperti 88db.com dan yang lain lebih condong memiliki database yang hampir sama terdapat pada indonetwork. Atau dengan kaya lain banyak situs menggrab data dari indonetwork untuk digunakan sebagai database pada situs masing-masing. Baru setelah situs tersebut makin popular di search engine, mereka memanfaatkan member dan pengunjung sebagai sumber databasenya.

Cara tersebut bisa dibilang legal dan illegal, karena mayoritas pelaku menggrab data tidak melakukan ijin terlebih dahulu kepada pemilik database tersebut. Dan juga bisa terbilang legal karena hampir semua pelaku menggunakan cara yang sama sebagai tujuan mendapatkan database dengan mudah yang berdampak langsung pada traffik situsnya tersebut. Dengan kata lain, walaupun situs-situs lain memanfaatkannya sebagai sumber database dan mulai terlupakan Indonetwork tetap menjadi situs direktori bisnis terlengkap mulai dari perusahaan skala besar sampai skala kecil di Indonesia dan juga masih mempertahankan konsep bisnisnya dari dahulu sampai kini.
Load disqus comments

0 komentar