Senin, 08 April 2013

Eksplorasi Seni Wajib Dilakukan Seniman

Eksplorasi Seni Wajib Dilakukan Seniman
Eksplorasi seni adalah suatu hal yang harus dilakukan oleh seorang seniman, jika ingin karya-karyanya dapat terus dinikmati oleh khalayak. Karena karya yang tidak monoton dan membosankan pasti akan jauh lebih menarik dibandingkan karya yang monoton karena seniman enggan bereksplorasi. Hal itu pulalah yang dapat kita lihat dalam ajang-ajang pameran di galeri Edwin Rahardjo yang tak lain merupakan salah satu Indonesian contemporary art gallery. Seperti halnya sosok seniman Tang Shu dari Cina.

Diakui oleh Edwin Rahardjo pemilik Edwin’s Gallery, Tang Shu memang merupakan sosok seniman yang tiada henti-hentinya melakukan eksplorasi dan tidak mudah puas pada sebuah pencapaian terhadap suatu bentuk, komposisi dan teknik maupun gagasan. Sebuah pencapaian akan memicunya untuk mencari pencapaian lainnya yang lebih tinggi. Sepertihalnya ia sempat tinggal di Ubud, Bali untuk eksplorasi seni keindahan alam disana, sekaligus merekam bagaimana berbagai macam upacara adat di Bali memberikan inspirasi seni yang dahsyat.

Sampai akhirnya sekembalinya ke Shanghai, ia merasa kehilangan pemandangan laut yang selalu hinggap di kepalanya, yang seakan menyimpan sebuah kekuatan yang dahsyat, terlepas dari emosi orang yang memandangnya. Air maupun laut yang sering muncul sebagai latar belakang karyanya, dipilih bukan sekedar untuk menambah nilai estetik pada element-elemet seni setiap karyanya, tetapi karena nilai filosofi yang terkandung di dalamnya. Dalam pandangannya, air bergerak dan mengalir bagaikan kehidupan itu sendiri, hidup dan bergerak seiring dengan berjalannya waktu.
Load disqus comments

0 komentar