Membuat Pagar dari Bahan Pipa PVC

Kreativitas memang tanpa batas. Jika Anda kreatif, pipa PVC dan juga lem pipa bisa Anda buat menjadi barang berguna sekaligus unik. Salah satunya Anda bisa membuat pagar. Selama ini, pagar rumah biasanya terbuat dari besi atau hollow. Sekarang, Anda bisa berkreasi dengan membuat pagar rumah dari pipa PVC. Ini akan membuat tampilan rumah Anda dari depan berbeda dengan yang lain.

Sebelum ke bagian bagaimana cara pembuatannya, Anda harus tahu apa saja kelebihan dari pagar pipa PVC ini. Salah satu kelebihannya adalah tahan lama. Karena pipa tahan terhadap air maupun sinar matahari. Tidak seperti besi yang bisa korosi atau berkarat jika terus menerus terkena air. Selain itu, pagar dari pipa PVC ini juga sekaligus bisa digunakan sebagai tempat untuk menanam. Jadi, nanti ada lubang yang digunakan untuk menanam tanaman hidroponik seperti cabai.

Membuat Pagar dari Pipa PVC
Gambar: The DIY Plan

Jadi, semakin yakin untuk membuat pagar dari pipa PVC? Jika ya, siapakan dulu bahan-bahan yang diperlukan, seperti pipa, sambungan pipa, dan juga lem pipa. Dalam hal ini, Anda bisa tentukan sendiri ukuran diameter pipa dan juga sambungan sesuai dengan desain pagar yang ingin Anda buat. Jika ingin desain yang sederhana, buat saja pagar dengan bentuk yang biasa. Yang terpenting, pagar tersebut menjadi pembatas rumah Anda.

Setelah bahan sudah siap, siapkan pipa dan potong sesuai dengan desain yang diinginkan. Sambung antar pipa dengan menggunakan sambungan. Jangan lupa gunakan lem agar sambungan kuat. Agar terlihat menarik, kombinasikan pipa dengan ukuran diameter yang berbeda. Misalnya saja bagian frame Anda bisa gunakan pipa yang besar. Sementara itu, bagian dalamnya menggunakan pipa ukuran diameter yang lebih kecil.

Setelah semua tersambung dan membentuk pagar, Anda bisa tancapkan pada tanah di bagian depan rumah. Pastikan pagar menancap pada tanah secara kuat agar tidak roboh ketika terkena hempasan angin. Setelah itu, lubangi beberapa bagian pipa agar Anda bisa gunakan sebagai tempat untuk menempatkan pot. Lalu, isi pot dengan benih tanaman yang Anda inginkan, seperti cabai, sayuran kangkong, dan lain sebagainya. 

Dengan demikian, pagar dari pipa PVC milik Anda terlihat lebih eksotis karena ada tanaman yang menjadi aksesorisnya. Untuk memastikan pipa yang Anda gunakan tahan lama, sebaiknya gunakan pipa Rucika. Ini pipa yang sangat lentur tapi tahan lama. Pipa ini tahan di segala cuaca. Anda bisa dapatkan pipa merk rucika dengan berbagai ukuran sesuai dengan yang Anda butuhkan.

Membuat Pagar dari Bahan Pipa PVC Membuat Pagar dari Bahan Pipa PVC Reviewed by shinobi apuy on 00.57 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.