Selasa, 06 September 2016

Serba-serbi Perkembangan Sepakbola Dunia

Serba-serbi Perkembangan Sepakbola Dunia

Jika kita berbicara tentang sepakbola dunia maka tak ada salahnya untuk sedikit menengok ke belakang tentang asal usulnya. Dimulai sejak abad ke-2 maupun ke-3 sebelum masehi di Cina. Permainan ini dulunya dipertandingkan untuk dapat melatih fisik tentara maupun di saat kaisar sedang ulang tahun. Permainan ini pun juga dimainkan di Jepang hingga akhirnya ke Italia pada abad ke-16 di mana masyarakatnya gemar untuk menendang dan juga membawa bola di lapangan. Kemudian sepak bola modern ini mulai berkembang di Inggris dan semakin banyak pula yang menggemarinya. Hingga pada akhirnya dibentuk lah asosiasi sepak bola paling tinggi dengan nama FIFA atau Federation Internationale de Football Assosiation yang berpusat di Zurich, Swiss. 

FIFA tersebut merupakan badan pengatur sepak bola internasional dan juga mempromosikan sepak bola ke beberapa negara hingga mengatur transfer pemain antar tim. FIFA juga turut menerbitkan daftar peringkat dunia sepak bola setiap bulannya serta juga berhak untuk memberikan gelar pemain terbaik dunia. Salah satu kompetisi terpenting yang diselenggarakan oleh FIFA dalam rangka sepak bola internasional adalah Piala Dunia. Turnamen babak final dalam piala dunia tersebut menjadi ajang yang paling dinanti serta paling banyak ditonton oleh penduduk dunia bahkan hingga melebihi Olimpiade. Selain piala dunia, ada banyak liga yang juga ditonton oleh banyak orang karena cukup diminati seperti liga champions, liga spanyol, liga inggris, dan sebagainya. Berita bola dunia yang selalu diupdate oleh para jurnalis juga memiliki perananan penting dalam tingginya perkembangan sepakbola di seluruh dunia.

Ternyata ada banyak kejuaraan internasional terbesar sepakbola dunia lainnya yang juga diselenggarakan oleh FIFA. Jika piala dunia ini diadakan setiap empat tahun sekali dan diikuti oleh lebih dari 190 timnas yang bertanding. Selain itu, ada pula kejuaraan internasional yang besar dan di selenggarakan di setiap benua seperti halnya di eropa terdapat Piala Eropa atau dikenal dengan nama Euro. Ada pula di Amerika Selatan dengan nama Copa America, di Afrika dikenal dengan Piala Afrika, di Asia dikenal Piala Asia, dan masih banyak lagi. Perkembangan dunia sepakbola ini memang sangat pesat tak terkecuali di Indonesia.
Load disqus comments

0 komentar