Sabtu, 06 Februari 2016

Tradisi Imlek di Indonesia

Tradisi Imlek di Indonesia


Imlek atau tahun baru china di Indoensia sendiri adalah perayaan bagi orang Indonesia keturunan Tionghoa. Negara benua Asia seperti Indonesia, Singapura, Hongkong, Taiwan, Malaysia, Filipina dan Thailand atau wilayah yang banyak dihuni oleh keturunan suku Han juga serentak merayakan tahun baru ini.

Di Indoensia sendiri ada tradisi tersendiri lho, yuk kita simak informasi berikut ini :

Kuil
kuil imlek

Di Jakarta nama kuil yang sering digunakan para keturunan tionghoa beribadah adalah kuil Petak Sembilan. Saat Imlek, lokasi ini akan padat dikunjungi untuk beribadah dan persembahan kepada leluhur.

lampion imlek
Lampion
Rumah atau wilayah dimana banyak dihuni oleh warga keturunan tionghoa akan dihiasi aksesoris lampion berwarna merah, yang terlihat eksotik.





Lilin & Dupa
lilin dupa imlek

Lilin dan Dupa adalah salah satu benda wajib saat imlek berlangsung. Lilin digunakan sebagai simbol serta penerangan dan dupa digunakan sebagai sarana bersembhayang di kuil atau dirumah.


baju imlek
Baju edisi Imlek
Baju tradisional Tiongkok ini akan banyak digunakan untuk menyemarakan acara tersebut. Tetapi, saat era semakin modern banyak para warga keturunan cina enggan menggunakannya dan hanya anak-anak saja yang masih terlihat mengenakan.



Angpao
angpao imlek

Nah, ini salah satu tradisi yang sangat menarik lho. Para warga keturunan tionghoa akan memberikan angpao sebagai simbol kesuksesan serta kesejahteraan seseorang. Yang wajib melakukan pemberian adalah seseorang yang sudah menikah karena dianggap sudah mampu dan mapan.

bandeng imlek
Menu Bandeng Imlek
Ini adalah simbol saat Imlek berlangsung, kombinasi kebiasaan di Jakarta antar keturunan tionghoa dan warga asli Jakarta (betawi). Tradisi ini timbul saat dimana etnis tionghoa sering memberikan makanan kepada warga asli Jakarta dan dibalas dengan memberikan masakan dari ikan bandeng tersebut yang pada akhirnya membudaya sampai sekarang.



Bagaimana sobat blogger, sungguh menarik kan tradisi imlek di Indonesia. Bagi teman-teman yang merayakannya kami mengucapkan Gong Xi Fa Cai.


Load disqus comments

0 komentar