Minggu, 07 Juli 2013

Fokus Minikino Pada Semangat Independen Pembuatan Film Pendek

Fokus Minikino Pada Semangat Independen Pembuatan Film Pendek - Menjadi satu tema andalan yang tak pernah membosankan, maka menarik diri keluar dari romantisme “film indie”, Sebuah organisasi film pendek bernama Minikino justru memutuskan untuk berfokus pada format dan media bercerita ketimbang semangat yang mungkin menyesatkan dari spirit independensi sebuah film pendek yang selama ini kita kenal. Bahkan kita melihat dengan dalih membuat film “independen” atau pun “indie”, telah lahir ribuan film yang kebetulan pendek durasinya, dan telah dibuat di Indonesia sejak tahun 1998 silam. Namun, hanya ada sedikit yang dianggap cukup memenuhi syarat untuk menjangkau khalayak dan penikmat film internasional.

Masalahnya mungkin saja sesuatu yang cukup sederhana, film yang berfokus pada semangat, orang yang membuat “film independen”, tidak begitu menyadari format bercerita yang sedang mereka gunakan. Maka hasilnya adalah sebuah film panjang yang menyamar sebagai film pendek. Atau sebuah versi cut dari sebuah film besar. Atau paling parahnya adalah sebuah imitasi bawah sadar dari format paling populer di Indonesia yaitu Sinetron. Film pendek idealnya merupakan sebuah ide cerita yang panjang, tapi tak digarap dengan versi membosankan dari satu ide itu, dan bisa menjadi sederhana dan cerdas setelah diperlakukan dengan cara yang tepat.

Maka sebagai wadah pecinta film, Minikino Komunitas Film Pendek di Indonesia yang berfokus pada film pendek ini percaya bahwa untuk membebaskan diri dari lingkaran ini, fokus pertama harus diputuskan, manis, dan juga sederhana, itulah yang disebut film pendek.
Load disqus comments

0 komentar