Tahapan Proses Over Kredit Rumah Minimalis

Tahapan Proses Over kredit rumah dilakukan layaknya proses pinjaman baru memulai. Bank akan melakukan analisa kredit dan menilai kembali (re-appraisal) jaminan. Jadi, Anda harus siap – siap mengumpulkan kembali dan menyerahkan dokumen identitas dan bukti penghasilan yang terbaru yang menjadi syarat pengajuan kredit.

Tahapan Proses Over Kredit Rumah Minimalis

Namun, karena sudah ada track record pembayaran di bank sebelumnya kredit, adapun proses persetujuan kredit biasanya lebih cepat. Karena Bank mengandalkan data histori pembayaran dalam menilai permohonan over kredit.

Makanya, sebelum melakukan over kredit, Anda baiknya memastikan bagaimana performance pembayaran kredit selama ini. Jadi jikalau sering terlambat, apalagi sampai lebih dari 60 hari, maka sebaiknya Anda memikirkan kembali keinginan mengajukan pemindahan pinjaman. Bank tentu saja akan menolak aplikasi yang kinerja pembayarannya buruk.

Proses lainnya adalah penilaian ulang atas jaminan yang diserahkan. Selain ingin mengetahui nilai terkini jaminan yang bersangkutan untuk over kredit rumah murah, bank akan mengecek kembali dokumen yang terkait, terutama mengenai keabsahan Ijin Mendirikan Bangunan (IMB).

Yang kadang terjadi adalah antara IMB dan kondisi bangunan saat ini sudah berbeda. Misalnya, saat di IMB masih satu lantai tetapi bangunan sekarang sudah memiliki dua lantai. Perbedaan ini perlu dibicarakan segera untuk dicari solusinya karena bagi bank ketidaksesuaian ini punya risiko yang akan mempengaruhi persetujuan pinjaman.

Bagaimana dengan dokumen jaminan yang sudah ada? Karena pinjaman belum lunas, maka sertifikat rumah idaman minimalis masih dipegang bank yang lama. Sedangkan bank yang baru membutuhkan dokumen ini guna melakukan pengecekan sertifikat rumah. Yang umum dilakukan adalah notaris bank yang baru akan melakukan pengecekan dengan menggunakan copy sertifikat.

Proses terakhir, namun yang paling rumit, adalah pelunasan dan juga penyerahan sertifikat serta dokumen pendukung lainnya.

Sertifikat tidak akan bisa diambil sebelum debitur membayar lunas semua pinjaman, itu syarat yang berlaku di semua bank di Indonesia khususnya. Dan, bank yang lama akan menyerahkan sertifikat rumah kepada debitur yang bersangkutan, bukan kepada bank yang baru, meskipun dalam over kredit rumah murah ini, pembayaran sebenarnya berasal dari bank yang baru.

Proses yang umum dilakukan adalah, sesudah pengajuan over kredit disetujui, selanjutnya bank yang baru akan membayar lunas pinjaman ke bank yang lama agar lunas. Kemudian, debitur bersama dengan notaris yang telah ditunjuk bank yang baru itu, akan mengambil dokumen dan sertifikat tersebut untuk selanjutnya diproses oleh notaris tersebut.

Dari sini kelihatan bahwa proses over kredit rumah murah tidaklah mudah.
Tahapan Proses Over Kredit Rumah Minimalis Tahapan Proses Over Kredit Rumah Minimalis Reviewed by Samino on 18.43 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.