Selasa, 01 Oktober 2013

Jangan Panik Saat Anak Terkena Panas Dalam

Jangan Panik Saat Anak Terkena Panas Dalam
Jangan Panik Saat Anak Terkena Panas Dalam - Penyakit panas dalam itu sebenarnya tidak ada dalam istilah medis seperti dikutip dari wikipedia. Jadi, sebenarnya panas dalam adalah adanya suhu panas di dalam tubuh manusia, terutama pada bagian pencernaan yang banyak penyebabnya seperti kekurangan vitamin C, cuaca panas, kekurangan serat, kekurangan mineral (dehidrasi) dan asupan makanan yang banyak mengandung minyak yaitu gorengan, kerupuk dan sebagainya.

Keseimbangan asupan makanan juga sangat mempengaruhi sistem pencernaan. Dan biasanya jika anak terkena panas dalam mengeluarkan gejala-gejala yang biasa kita lihat, seperti :
  • Radang pada rongga tenggorokan
  • Sariawan
  • Bibir pecah-pecah
  • Tubuh akan mengalami suhu panas tinggi yang terkadang hilang dan timbul kembali dalam beberapa hari
  • Tubuh lemas
  • Selera makan berkurang karena efek dari sariawan
  • Mulut akan ngiler terus (keluarnya lendir bening)
  • Rewel/menangis terus ( efek dari rasa sakit pada mulut karena sariawan)
Apabila putra-putri anda mengalami gejala panas dalam seperti yang disebutkan diatas, jangan panik sobat blogger. Karena saya juga punya pengalaman saat buah hati terkena panas dalam. Anda tidak perlu langsung ke dokter, karena jenis dari gejala penyakit ini terbilang ringan dan tidak terlalu memerlukan obat-obatan medis. Disini, saya mau berbagi jenis obat yang kami pakai untuk menyembuhkan penyakit panas dalam yang disertai gejala sariawan dan bibir pecah-pecah.

obat sariawan lo han kuo
•    Lo Han Kuo Infusion
Ini adalah jenis obat cina yang sudah lama diakui ampuh menyembuhkan panas dalam untuk dewasa dan anak-anak. Dan si penjual obat ini juga menjelaskan jika, lo han kuo adalah ramuan dari buah-buahan yaitu biji pala yang aman dikonsumsi. Di dalam 1 dus lo han kuo terdapat 12 buah yang 1 bungkusnya berisi 3 potong ramuan tersebut. Takaran untuk digunakan kepada balita cukup diberikan ½ potong untuk sekali minum, jadi 1 potong dapat digunakan untuk 2 kali minum. Obat lo han kuo akan berwarna seperti air teh jika diseduh dengan air panas dan berasa manis.


obat sariawan gom
•    GOM
Ini adalah jenis obatan medis yang memang ampuh digunakan untuk menyembuhkan sariawan. Cairan GOM berbentuk bening dan berasa manis, obat ini aman jika tertelan saat digunakan. Cukup diteteskan pada area bibir/mulut yang terkena sariawan. Bagusnya GOM diteteskan pada saat anak tertidur, karena banyak dari anak kita enggan diteteskan saat terbangun. Mungkin karena sedikit terasa sakit jika terkena , anak-anak tidak mau diberikan obat ini.


•    Minyak Kelapa
Ini jenis obat tradisional yang dari dahulu dikenal multifungsi. Karena dapat digunakan untuk memasak, minyak campuran untuk pijat/urut, minyak oles agar terhindar dari luka/lecet. Dan saya menggunakan minyak kelapa ini untuk menyembuhkan bibir pecah-pecah karena sariawan. Terbukti lho, minyak kelapa sangat ampuh dan tidak ada efek sampingnya.


Nah, bagimana sobat blogger! Saya rasa sedikit info pada tulisan kali ini dapat membantu anda yang mungkin sedang mengalami panas dalam. Dan saran dari saya anda jangan panik, karena tidak semua penyakit harus dirujuk ke dokter. Banyak obat-obatan tradisional yang terbukti ampuh menyembuhkan dan ringan akan efek samping.

Load disqus comments

0 komentar