Ngontrak Rumah Pakai AC, Bisa Kok

Ngontrak Rumah Pakai AC, Bisa Kok

Ngontrak adalah istilah menghuni rumah sewaan yang diberlakukan secara sepakat antara penyewa dan pemilik rumah dengan periode bulanan atau tahunan. Khusus di Jakarta, biaya sewa kontrakan petakan perbulan sekitar 1-2 juta/bulan atau sekitar 15 juta setahun. Besarnya biaya sewa dilihat dari area domisili dan bentuk bangunan yang terdiri dari rumah petak atau 1 rumah dengan 2-3 kamar.

Yang dimaksud rumah petak adalah, kontrakan yang tidak ada kamar dan hanya di sekat dinding berjumlah 1-2 sekatan dengan kamar mandi dalam atau kamar mandi luar. Penyewa kontrakan mayoritas adalah pasutri dan telah memiliki anak.

Biasanya, ada sedikit masalah saat ada rencana pasang AC. Terkadang membuat bingung, apakah bisa terlaksana atau tidak rencana tersebut.

Disini saya akan memberikan simulasi biaya bagi anda yang ngontrak dan ingin memiliki AC. Berikut ini rinciannya :

Problem :
- Mau Pasang AC tetapi listrik dayanya rendah
- Mau Pasang AC tetapi listrik campur dengan penghuni lain
- Mau Pasang AC tetapi terbentur biaya

Solusinya :

Mau Pasang AC tetapi listrik dayanya rendah
Konsultasi dengan pemilik kontrakan, apa bisa tambah daya. Dengan catatan biaya ditanggung sendiri atau bersama untuk penambahan daya tersebut. Jika ada kata sepakat, anda bisa kunjungi informasi dari PLN mengenai perubahan, pasang baru daya listrik

Mau Pasang AC tetapi listrik campur dengan penghuni lain
Solusi untuk masalah ini biasanya, anda harus memasang meteran daya listrik baru. Musyawarahkan dengan pemilik kontrakan apakah biaya pasang baru meteran listrik biayanya bisa di tanggung bersama pemilik kontrakan. 

Mau Pasang AC tetapi terbentur biaya
Ada 2 solusi :
1. Kumpulkan uangnya barulah membeli AC dan mempersiapkan yang lainnya
2. Kredit AC di home credit atau di carefour menggunakan MegaZip. Jadi dana cash yang diperlukan hanya untuk pasang meteran listrik (jika perlu)

Tipe AC yang digunakan beragam sesuai ukuran luas ruangan atau kamar. Untuk Ruangan yang berukuran 3x6 dan hanya diskat tembok tanpa ada pintu tambahan. Bisa menggunakan AC 1PK dengan catatan, ventilasi udara di depan ditutup menggunakan Fiber. Jadi, tipe AC harus seksama ya jangan sampai salah beli.

Karena tidak setiap pemilik kontrakan mau menyediakan fasilitas ini. Instalasi atau penambahan jumlah barang elektronik biasanya akan di tanggung penghuni.
Ngontrak Rumah Pakai AC, Bisa Kok Ngontrak Rumah Pakai AC, Bisa Kok Reviewed by Samino on 23.17 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.