Rabu, 04 Februari 2015

Tips Merawat Kain Tenun Bagi Pemula

Tips Merawat Kain Tenun Bagi Pemula
image from google

Maraknya tren pakaian dengan bahan kain khas daerah kini makin berkembang. Jika Anda adalah penggemar setia batik, tak ada salahnya kini beralih pada kain khas daerah lainnya seperti tenun.

Sebelum memutuskan untuk membeli kain tenun dan menjadikannya bahan pakaian, berikut ada tips merawat kain tenun bagi pemula.

Untuk menguji ketahanan warna pada kain tenun, setelah membelinya, masukkan kain dalam air jernih dan goyang-goyangkan selama beberapa saat. Jika air berubah keruh dengan cepat, berarti kain Anda mudah luntur. Untuk itu pilihlah cara dry clean untuk mencuci kain tenun Anda.

Lain lagi jika kain tenun Anda saat digoyang-goyangkan dalam air hasilnya tidak terlalu keruh atau malah tetap bening. Anda bisa tetap mencucinya dengan cara seperti biasa, namun dengan sabun khusus seperti lerak.

Sebelum memutuskan untuk menjadikan kain tenun sebagai bahan pakaian, uji tingkat penyusutan dari kain tersebut. Celupkan kain tenun baru Anda dalam air, kemudian jemur di tempat teduh hingga kering. Cara ini berguna untuk menghindari penyusutan kain dan menghilangkan sisa pewarna yang ada.

Teknik memeras kain tenun pun tak boleh sembarangan. Setelah mencuci, usahakan tidak memeras kain agar struktur benangnya tidak mudah patah.

Tertarik untuk mulai mengoleksi kain tenun? Belanja online saja di Bukalapak.com. Situs jual beli online yang aman dan mudah ini menjual kain tenun dari berbagai daerah, lho!
Load disqus comments

0 komentar