Selasa, 19 Agustus 2014

Pilihlah Bahan Batik Yang Sesuai

Pilihlah Bahan Batik Yang Sesuai

Batik adalah baju  tradisional Indonesia yang telah dijadikan ikon bangsa Indonesia. Sampai saat ini instansi pemerintahan dan swasta telah menentukan pada hari Jumat seluruh staff dan masyarakat memakai baju batik sebagai bagian dari kampanye batik yang notabene adalah bahan pakaian asli Indonesia.

Dengan perkembangannya teknologi dan kreatifitas para desainer, batik telah berevolusi dengan motif dan warna yang beragam dan sangat menarik. Kaum pria dan wanita, muda atau tua yang dahulu sedikit mengkesampingkan batik saat ini sangat peduli dengan baju batik. Kalau kita bisa survey dan kurun waktu 15 tahun. Berapa banyak anak muda memiliki baju batik?Kini, bisa diprediksi para kaum muda minimal memiliki 2 baju batik yang biasa dikenakan untuk acara formal maupun informal.

Keterlibatan pemerintah dan masayarakat Indonesia sangat mempengaruhi perkembangan busana batik. Penjualan dan permintaan konsumen akan baju batik juga sampai ke mancanegara yang pemasarannya dilakukan melalui dunia maya. Dengan di jual bahan pakaian seperti batik melalui online mampu mencakup keseluruh pelosok Indonesia yang dahulu adalah kendala besar dalam memasarkan salah satu produk ke daerah lain karena jarak.

Tanah Abang adalah sentral utama bisnis pakaian terbesar di Indonesia, disanalah terdapat beragam jenis pakaian seperti batik, baju muslim dan lainnya. Puluhan toko batik ditanah abang menawarkan produknya dengan motif dan harga yang bervariasi, untuk itulah kita juga harus jeli dalam menentukan batik yang sesuai dengan keinginan kita. Berikut beberapa tips memilih baju batik di toko:

  • Jika anda ke tanah abang, pastikan mencari-cari terlebih dahulu dan jangan langsung membeli. Karena terdapat puluhan toko batik yang menawarkan bahan batik dengan harga dan kualitas yang bervariasi.
  • Tawarlah produk tersebut, maksudnya adalah jika langsung ke toko usahakan menawar. Karena mayoritas mereka membandrol produknya lebih mahal.
  • Meminta rekomendasi, rekomendasi salah satu toko batik dari teman atau family dapat membantu anda dalam mencari toko yang pas untuk berbelanja
  • Bertanyalah tentang bagaimana cara merawat batik yang benar. Kebanyakan pedagang batik mengetahui cara merawat batik agar daya tahannya terjaga. Bertanya mengenai motif kepada penjual.


Load disqus comments

0 komentar